Text
Policy paper : penguatan pemahaman keagamaan moderat guru pai sma negeri (wilayah sumatera)
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan kebijakan dalam memperkuat pemahaman keagamaan moderat di kalangan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada jenjang SMA negeri di wilayah Sumatera. Mengingat peran strategis guru PAI dalam membentuk pemahaman keagamaan siswa, Penting untuk memastikan bahwa nilai-nilai moderasi agama, seperti toleransi, menghargai perbedaan, dan penolakan terhadap kekerasan, tertanam kuat dalam proses pembelajaran. Namun, survei awal menunjukkan bahwa sebagian guru menghadapi tantangan dalam menerapkan prinsip-prinsip ini akibat pengaruh lingkungan, keterbatasan pelatihan, dan sumber daya pengajaran yang kurang memadai.
Pendekatan penelitian ini melibatkan analisis kebijakan pendidikan dan wawancara mendalam dengan pemangku kepentingan terkait, termasuk guru, kepala sekolah, dan pejabat dinas pendidikan. Rekomendasi yang diajukan mencakup penguatan kurikulum PAI dengan materi moderasi beragama, penyelenggaraan pelatihan berkelanjutan untuk guru PAI, dan pembentukan jaringan pembelajaran kolaboratif antarguru di Sumatera. Diharapkan, kebijakan yang dihasilkan dapat menjadi dasar dalam pengembangan program yang berkelanjutan untuk meningkatkan pemahaman keagamaan moderat, guna mewujudkan generasi pelajar yang toleran dan berintegritas tinggi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
No copy data
No other version available