Text
Policy paper: survey indeks PISA dan 6 literasi dasar siswa MTS di empat provinsi: Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Lampung tahun 2023
Survei PISA (Program for International Student Assessment) telah menjadi alat penting dalam membandingkan prestasi siswa di berbagai negara. Dalam konteks pendidikan madrasah tsanawiyah, 6 literasi dasar menjadi faktor yang krusial untuk memastikan kualitas pendidikan yang berkualitas. Tujuan dari policy paper ini adalah untuk menyajikan rekomendasi kebijakan yang bertujuan meningkatkan literasi dan prestasi siswa madrasah tsanawiyah dalam survei PISA. Survei PISA dan 6 literasi dasar dalam konteks pendidikan global menjadi penting dalam rangka mengidentifikasi berbagai tantangan yang dihadapi siswa madrasah tsanawiyah dalam mencapai literasi dasar yang memadai. Beberapa faktor seperti faktor sosial, kurikulum, dan pendekatan pembelajaran yang baik dapat mempengaruhi prestasi siswa.
Berdasarkan hasil survey PISA dan 6 literasi dasar pada Madrasah Tsanawiyah di empat provinsi termasuk dalam katagori sedang. Hal ini diperlukan kordinasi lebih lanjut antara Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan dalam rangka mencapai tujuan Pendidikan yang lebih baik, kerjasama antara pemerintah, institusi pendidikan, dan stakeholder terkait sangat penting. Implementasi kebijakan yang tepat dan evaluasi yang berkelanjutan akan memastikan langkahlangkah yang diambil efektif dalam meningkatkan literasi dasar dan prestasi siswa madrasah tsanawiyah dalam survei PISA. Dengan memperkuat 6 literasi dasar siswa, harapannya dapat mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan masa depan dan memberikan pendidikan berkualitas yang setara dengan siswa dari berbagai negara. Dalam survey PISA dan 6 literasi dasar penting diberikan rekomendasi kebijakan yang dapat memperkuat literasi dasar siswa madrasah tsanawiyah yang meliputi peningkatan kurikulum, pengembangan sumber daya, kolaborasi stakeholder, dan monitoring serta evaluasi berkala.
No copy data
No other version available