Text
Pemetaan mutu madrasyah aliyah: dalam rangka pencapaian standar nasional pendidikan di provinsi Riau
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia termasuk di dalamnya madrasah, maka tentunya madrasah harus berusaha untuk dapat mencapai standar sesuai SNP, yang merupakan unsur pokok dalam keberhasilan pendidikan di madrasah. Madrasah Aliyah (MA) yang merupakan salah satu jenjang pendidikan di madrasah dalam rangka mencapai arah pembangunan dan kekhasan Islam, salah satu indicator kinerja capaiannya adalah sebanyak 70 % MA telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP). Berdasarkan hal tesebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran/memetakan mutu madrasah di daerah Provinsi Riau dalam pemenuhan 8 standar sesuai dengan SNP dan juga mengetahui faktor faktor penyebab belum tercapainya standar tersebut dan bagaimana upaya yang dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey dan juga didukung oleh pendekatan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh MAN dan MAS yang berada di Provinsi Riau. Untuk penentuan sampel digunakan tekhnik random sampling dengan total 162 sampel. Sumber penelitian diperoleh dari unsur lembaga, dengan menggunakan isntrumen kuesioner dan wawancara mendalam. Hasil penelitian diketahui status akreditasi setiap madrasah berbeda beda, hasil korelasi antar komponen SNP menunjukkan nikai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti bahwa kedelapan komponen SNP saling berhubungan cukup erat, dengan nilai keeratan paling tinggi terdapat pada komponen isi dan proses. Uji signifikansi hubungan antara faktor dengan mutu dilakukan dengan uji t (t-test independent) dan one way anova. Korelasi antara faktor wilayah penelitian dengan mutu madrasah dengan uji t, menunjukkan tidak terdapat pengaruh antara wilayah kota maupun wilayah kabupaten terhadap mutu madrasah. Uji korelasi antara status kelembagaan dengan mutu madrasah menunjukkan bahwa staus kelembagaan berpengaruh terhadap mutu madrasah berdasarkan pencapaian SNP, hasil menunjukkan mutu Madrasah Aliyah Negeri lebih baik dibandingkan dengan Madrasah Swasta. Uji korelasi antara faktor lokasi penelitian dengan mutu madrasah menunjukkan signifakansi, artinya perbedaan masing masing lokasi penelitian, mempunyai mutu yang berbeda secara signifikan. Uji korelasi dengan uji Annova antara faktor status Akreditasi dengan mutu madrasah memberikan perbedaan mutu yang signifikan. Uji korelasi antara mutu dengan output nilai UN madrasah menunjukkan tidak mempunyai nilai keeratan yang signifikan. Faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pencapaian SNP datang dari dalam maupun dari luar.
No other version available