Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan kebijakan dalam memperkuat pemahaman keagamaan moderat di kalangan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada jenjang SMA negeri di wilayah Sumatera. Mengingat peran strategis guru PAI dalam membentuk pemahaman keagamaan siswa, Penting untuk memastikan bahwa nilai-nilai moderasi agama, seperti toleransi, menghargai perbedaan, dan penolakan terhadap kekerasa…
Buku ini mengkaji peran masjid sebagai pusat pendidikan moderasi beragama dalam konteks pandemi COVID-19.
Laporan kegiatan survei ini bertujuan untuk menjelaskan tiga hal penting dalam mengukur efektivitas penguatan dan pengembangan moderasi beragama pada PTKIS di Banten dan Lampung. Tiga poin tersebut terkait tentang pelaksanaan kegiatan pengembangan moderasi beragama, tantangan yang dihadapi PTKIS, dan solusi serta rekomendasi yang ditawarkan dalam penguatan dan pengembangan moderasi beragama di …
Buku ini bertujuan untuk menjelaskan praktik kerukunan umat beragama sebagai implementasi moderasi beragama di Kepalauan Riau. Book chapter ini terdiri dari lima bagian yaitu: pertama, “Kerukunan di Rumah Belah Bubung” yang ditulis Ibnu Salman dan Nurman Kholis tentang kondisi kerukunan masyarakat di Kepulauan Riau berbasis pada relasional masyarakat yaitu etnis, suku, agama, dan lainnya. R…
Buku ini berisi kumpulan hasil penelitian tentang moderasi beragama di Indonesia dalam perspektif agama dan negara berikut dengan peluang dan tantangan yang menyertainya. Pokok-pokok pembahasannya bersifat kawasan, yakni tentang moderasi beragama di beberapa daerah dilakukan untuk memotret dinamika moderasi beragama, sehingga dari sana bisa dilihat potensi moderasi yang dimiliki Indonesia.
Rumah Moderasi Beragama (RMB) pada Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) secara regulatif merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Peraturan Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2020- 2024, dan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 93 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan P…