Buku Panduan Tata Kelola Kemitraan Madrasah Diniyah Takmiliyah disusun untuk memperkuat peran Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) dalam sistem pendidikan nasional melalui pengelolaan kemitraan yang strategis dan berkelanjutan. Panduan ini memberikan kerangka kerja dan langkah-langkah praktis dalam membangun sinergi antara MDT dengan pemerintah, masyarakat, dan lembaga lainnya. Di dalamnya dibahas…
Kebijakan program pembelajaran secara online “daring” atau yang dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menggantikan pembelajaran konvesional tatap muka di kelas (madrasah/sekolah), dimaksudkan untuk meminimalisir dan memutus mata rantai penularan virus Covid-19. Program PJJ sudah berjalan sekitar satu tahun lebih atau 3 semester, untuk itu perlu dilakukan evaluasi terhadap program PJJ…
Evaluasi pembangunan pendidikan agama dan keagamaan tahun 2020 ini dilakukan secara nasional pada 34 provinsi untuk memetakan capaian, mengidentifikasi permasalahan-permasalahan, dan merumuskan strategi guna meningkatkan capaian pembangunan pada tahapan berikutnya. Metode evaluasi dilakukan dengan mengukur kesenjangan (gap) antara realisasi dan target pembangunan dalam Renstra Kementerian Agama…